Home Reportase FEBYA SATYANINGSIH: Pemeriksaan Hewan Kurban Dilakukan Ditempat Penampungan Dan Pemotongan

FEBYA SATYANINGSIH: Pemeriksaan Hewan Kurban Dilakukan Ditempat Penampungan Dan Pemotongan

1 Menit Durasi Baca
0
1
13

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Sebanyak 87 petugas pemeriksa hewan kurban diturunkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menyambut datangnya Idul Adha 1440 Hijriah.

Febya Satyaningsih, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan masayarakat pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menjelaskan, diturunkannya petugas pemeriksa hewan kurban sebagai langkah antisipasi penyakit menular hewan atau zoonosis.

“Penyakit yang harus diwaspadai diantaranya anthraks, bruselosis, helminthiasis dan orf,” kata Febya, Senin (29/7/2019).

Tim pemeriksa hewan kurban ini terdiri dari 13 dokter hewan, tiga paramedik veteriner dan puluhan petugas lapangan. Pemeriksaan  dilakukan dengan mendatangi tempat penampungan hewan kurban yang ada di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.Para petugas medis itu  melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan kurban seperti kambing, domba, sapi dan kerbau.

Febya menambahkan,  dalam pemeriksaannya, akan dilakukan di lokasi tempat penjualan hewan kurban dan tempat pemotongan hewan. Sedangkan pemeriksaan pra-pemotongan, tambahnya, meliputi catatan administrasi hewan, surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal, serta kesehatan fisik hewan yang dianggap layak untuk dikurban kan.

“Sementara untuk pasca pemotongan, petugas akan melakukan pemeriksaan dibagian-bagian tubuh hewan kurban yang biasanya akan dikonsumsi. “Seperti daging, hati, usus, dan jeroannya. Apakah mengandung bakteri atau hal lainnya, yang biasanya akan ditemukan cacing hati,” Pungkasnya.  (Benni VT)*

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Reportase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kapolres Kota Tangerang Kunjungi Toko Posel Korban Perampokan

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengunju…