Home Nasional 2 Hakim PN Jakarta Selatan Dan Panitera Yang Di OTT KPK Diberhentikan Sementara

2 Hakim PN Jakarta Selatan Dan Panitera Yang Di OTT KPK Diberhentikan Sementara

1 Menit Durasi Baca
0
1
20

VONISTIPIKOR.COM, JAKARTA —  Mahkamah Agung (MA) memberhentikan sementara dua hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, masing-masing Iswahyu Widodo dan Irwan serta panitera pengganti M. Ramadhan karena telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus suap dalam perkara perdata yang sedang diproses di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Juru Bicara MA, Suhadi mengatakan, “Hari ini MA mengambil tindakan  memberhentikan dua hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan status pemberhentian sementara, yang ditanda tangani oleh ketua MA Republik Indonesia. Sedangkan seorang panitera penganti pada hari ini juga dilakukan hal yang sama pemberhentian sementara yang ditandatangani SK-nya oleh Dirjen Badan Peradilan Umum.” Hal itu disampaikannya  saat konferensi pers di Gedung MA, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Suhadi  juga menjelaskan, bahwa ketiganya diberhentikan statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sementara, sampai ada putusan hukum yang mengikat. Namun, dengan pemberhentian status sementara ini, ketiganya tetap akan menerima 50 persen dari total gaji atau penghasilan mereka.

Hakim Iswahyu dan Irwan ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Keduanya disebut KPK mulanya menerima Rp 150 juta terkait dengan putusan sela atas gugatan perdata pembatalan perjanjian akuisisi PT Citra Lampia Mandiri oleh PT Asia Pacific Mining Resources. Keduanya juga dijanjikan menerima uang Rp 500 juta dari pihak penggugat lewat pengacaranya untuk putusan gugatan.

Uang yang disiapkan pengacara tersebut bersumber dari Martin Silitonga. Namun,  Sementara, 47.000 dollar Singapura yang akan diserahkan melalui Ramadhan terhadap dua hakim itu disita oleh KPK dalam operasi tangkap tangan.

Pewarta : HUS

Edit        : Redaksi

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dishub dan Satlantas Tertibkan Kendaraan Angkutan Barang

VONISTIPIKOR.COM,Tangerang-Banten — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang b…