Home Kajian DPP GNPK Prov. Sulbar : Revisi UU MD3 Membuat DPR Jadi ‘SAKIT’

DPP GNPK Prov. Sulbar : Revisi UU MD3 Membuat DPR Jadi ‘SAKIT’

1 Menit Durasi Baca
0
3
171

VONISTIPIKOR.COM, SULBAR – Menanggapi ILC yang bertajuk  Revisi UU MD3: DPR SEMAKIN SAKTI, Minggu (25/2), Ketua  DPP GN-PK Provinsi Sulawesi Barat, Fendra, SH.,MKn. menyatakan bahwa revisi tersebut membuat DPR jadi ‘Sakit’.

Sebab, menurutnya dari revisi   pertama hingga revisi ketiga terhadap 3 pasal yang krusial (salah satunya Pasal 122 ) yang memuat tentang kewenangan DPR memerintahkan Polisi untuk menjemput paksa bahkan menyandra siapapun, merupakan pengingkaran konstitusi dan KUHP yang sudah menghapuskan pasal tentang penyanderaan ( Gizeling). Revisi ini sangatlah dipaksakan, untuk tujuan alat paksa pada KPK yang terkadang tidak memenuhi panggilan DPR RI.

“Kita sependapat bahwa Kedaulatan Rakyat adalah suara, bukan data, oleh karena kedaulatan rakyat sifatnya amanah, absolut dan final. Sehingga DPR tidak pernah sedikitpun memiliki kedaulatan dari rakyat untuk membuat hukum sendiri dengan alasan apa pun.” kata Fendra.

Lebih jauh Ia berpendapat bahwa DPR hanya mengawasi dan memperjuangkan kedaulatan rakyat sebagai pemegang amanah yang kapanpun rakyat siap untuk mencabut mandatnya pada wakil rakyat yang dipilihnya bila tidak amanah lagi.

“Kedaulatan Rakyat tidak pernah dapat diserahkan dan diambil oleh siapapun. Sehingga partai pemenang bukan serta merta menjadi pemilik kedaulatan Rakyat Indonesia. Pertimbangan hukum ( legal reasoning) sangat perlu dipahami oleh saudara-saudara kita di DPR untuk menjaga kewibawaan dan citra  legislatif untuk membuat kebijakan yang bermartabat  dalam melindungi dan mengayomi kedaulatan Rakyat,” katanya.

Ketua GNPK Sulbar ini menyarankan, agar sebaiknya revisi UU MD 3 tersebut dibatalkan melalui PERPU oleh Presiden. Karena hanya menyebabkan polemik yang berkepanjangan dan membingungkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan.

Pewarta : Kontributor Sulbar

Editor     : HUS/Red.

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Kajian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kapolres Kota Tangerang Kunjungi Toko Posel Korban Perampokan

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengunju…