Home Headline Menkopolhukam Lantik Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

Menkopolhukam Lantik Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

1 Menit Durasi Baca
0
1
45

JAKARTA (VonisTipikor.Com) — Atas nama Presiden Republik Indonesia, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, melantik Laksana Muda TNI Achmad Djamaludin sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional menggantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, pada Rabu (3/7/2019).

Menurut Wiranto  Achmad memiliki pengalaman dan kemampuan untuk memimpin Wantanas ke depan, karena sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam.

“Saya yakin dan percaya dengan latar belakang pendidikan dan penugasan sebelumnya, serta pengalaman di berbagai wilayah, saudara Achmad akan mampu melaksanakan tugas memimpin organisasi Dewan Ketahanan Nasional yang sebaik-baiknya,” ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jln. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Dalam sambutannya, Wiranto mengingatkan Wantanas merupakan organisasi yang dibentuk untuk membantu presiden dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang relevan untuk ketahanan nasional. Ada tiga pilar yang harus diperhatikan oleh Achmad dalam bertugas ke depan, kata Wiranto.

Pertama, merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman. Kedua, menyusun perkiraan risiko pembangunan nasional yang dihadapi. Ketiga, merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka merehabilitasi akibat risiko pembangunan nasional.

“Saya meyakini di bawah kendali Sekjen Wantanas yang baru, tugas berat tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Wiranto juga berharap Achmad dapat memberi pemahaman kepada masyarakat soal program Bela Negara yang dibuat oleh pemerintah. Sebab, ia menyebut sejumlah masyarakat masih ada yang menilai bahwa Bela Negara hanya terkait dengan ancaman militer semata. Padahal, kata Wiranto, banyak ancaman baru yang perlu dihadapi oleh masyarakat seperti ancaman ekonomi, pangan, narkotika, terorisme, illegal fishing, illegal logging, hingga human trafficking.

“Wantanas bisa jabarkan ancaman apa dan cara penanganan bagaimana, disosialisasikan ke masyarakat untuk tingkatkan ketahanan nasional,” ujar Wiranto. (HUS)***

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Headline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

6 Pejabat Pemkot Tangerang Akan Diperiksa Polisi Soal Lahan

BANTEN (VonisTipikor.Com) —  Walaupun perdamaian Antara Kementerian Hukum dan HAM de…