Home Headline Keterangan Pers Polri Ungkap Nama Tokoh Terkait Dalang Kerusuhan 21-22 Mei 2019

Keterangan Pers Polri Ungkap Nama Tokoh Terkait Dalang Kerusuhan 21-22 Mei 2019

2 Menit Durasi Baca
0
1
46

JAKARTA (VonisTipikor.Com) — Mabes Polri dan Mabes TNI menyampaikan Keterangan Pers tentang beberapa perkembangan penanganan kasus terkait dengan peristiwa 21-22 Mei tahun 2019   pada Selasa 11 Juni 2019 di gedung Media Centere Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat.

Dalam konpersnya Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., didampingi  Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi, Kasubdit 1 Dittipidum Bareskrim, Kombes Pol. Daddy Hartadi, S.I.K., M.Hum., dan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Ade Ary Syam Indradi, S.H., S.I.K., M.H.   di hadapan puluhan awak media cetak dan elektronik  menyampaikan  bahwa aksi unjuk rasa pada tanggal 21 dan 22 itu terbagi dua segmen. Klasifikasi yang pertama unjuk rasa damai pada tanggal 21 sekira pukul 14  berjalan dari pukul 15 sampai pukul 18, sekira berjumlah 3 ribu massa. kelompok  itu melakukan penyampaian pendapat di muka umum secara tertib sesuai aturan dengan damai, sesuai dengan undang-undang yang mengatur tentang penyampaian pendapat di muka umum dan  berkoordinasi dengan Kapolres Jakarta Pusat selaku kepala PAM.

Segmen kedua pada pukul 22.30 tiba-tiba tidak ada kabar berita muncul massa perusuh sekitar 500 massa di depan atau di samping Bawaslu melakukan penyerangan dan pengrusakan terhadap petugas.  Bahkan petugas yang menghimbau diserang bukan saja menggunakan benda-benda yang kecil tapi benda-benda yang mematikan seperti molotov. Kalau misalnya benar kepala airnya tumpah terbakar bisa berakibat mematikan, petasan-petasan yang kecil enggak apa-apa, tetapi petasan roket,  padahal itu berbahaya dan mematikan.  Batunya sebesar conblock dan sudah dipersiapkan dan ada korban-korbannya dari personil Polri yang di depan. Ada juga panah dan panah nya beracun. Berikutnya klewang pedang dan lain-lain, artinya masa tersebut sudah di-setting untuk rusuh, menyerang, memprovokasi petugas.  Terus bergulir sampai dengan pagi harinya.

Di Konpres itu Kepolisian juga  menampilkan video testimoni dari empat tersangka yang disebut sebagai eksekutor., diantaranya  adalah   HK alias Iwan, Tajudin, Irfansyah dan Ade.

Keempat tersangka itu mengaku diperintahkan oleh mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen, untuk membunuh empat tokoh nasional dan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

Dari keterangan para tersangka dalam video terungkap nama-nama  tokoh nasional yang jadi target pembunuhan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere.

Selain itu, terungkap juga bahwa keempat eksekutor itu menerima sejumlah uang dari Kivlan Zen.Uang itu untuk pengadaan senjata api dan operasional melakukan survei terhadap para target pembunuhan. (HUS)***

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Headline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kelengkapan PPDB Tingkat SMP di Tangerang Dapat Menggunakan Keterangan Domisili

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Ada yang baru dalam syarat Penerimaan Peserta Didik Baru…