Home Headline Muhammad Z D Nagaria, SH, : TIM ASISTENSI HUKUM KEMENKOPOLHUKAM UNTUK KEPENTINGAN NEGARA

Muhammad Z D Nagaria, SH, : TIM ASISTENSI HUKUM KEMENKOPOLHUKAM UNTUK KEPENTINGAN NEGARA

2 Menit Durasi Baca
0
2
51

Tim Asistensi Hukum Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI), resmi dibentuk, setelah dilakukan Rapat Koordinasi Terbatas Tingkat Menteri yang dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Jenderal TNI. Purn. Wiranto.

Jakarta, (VonisTipikor.Com) – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jenderal TNI Purn. Wiranto, menandatangani Keputusan Nomor : 38 Tahun 2019, tertanggal, 8 Mei 2019 mengenai Tim Asistensi Hukum Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Menkopolhukam mengharapkan dengan terbentuknya Tim Asistensi Hukum yang terdiri dari   24 anggota dari  kalangan pakar hukum, praktisi dan juga akademisi merupakan tim internal Kemenkopolhukam RI untuk segera melaksanakan fungsi dan tugasnya  melakukan pengkajian dan asisitensi hukum terkait ucapan dan tindakan yang melanggar hukum pasca pemilihan umum serentak tahun 2019 untuk menentukan dapat  tidaknya dilakukan upaya hukum, yang hasilnya disampaikan kepada Menkopolhukam RI.

Hal itu disampaikan Menkopolhukam Wiranto setelah selesai melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat menteri kepada  pers di Kantor Kemenko Polhukam RI, di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta (6/5 Mei 2019).

Sesuai Keputusan Menkopolhukam, Tim Asistensi Hukum ini memiliki beberapa tugas penting yaitu; a. melakukan pengkajian dan asisitensi hukum terkait ucapan dan tindakan yang melanggar hukum pasca pemilihan umum tahun 2019 untuk menentukan dapat  tidaknya dilakukan upaya hukum, b. memberikan rekomendasi kepada aparat penegak hukum dan c. menyampaikan perkembangan pelaksanaan tugas tim kepada Menteri Koordinatror Bidang Politik, Hukum dan Kemanan selaku ketua pengarah.

Pembentukan Tim Asistensi Hukum Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenkopolhukam RI) oleh Menkopolhukam, merupakan terobosan yang baik dari Pemerintah yang harus didukung  dan diberi apresiasi yang setinggi-tingginya, karena dengan wadah ini Pemerintah dapat menyelesaikan persoalan bangsa dan negara dengan baik.

Hal itu dikatakan Muhammad Z D Nagaria, SH, Pimpinan Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum “Pro Justitia” Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (LABH-GN-PK) kepada Vonis Tipikor.com, saat ditemui diruang kerjanya, di bilangan Slipi, Jakarta Barat, pada 16 Mei 2019.

Dikatakannya, keberadaan Tim Asistensi Hukum Kemenkopolhukam ini bersifat internal yang tugasnya untuk menganalisa dan mengkaji perkembangan politik, hukum dan keamanan terkait dengan adanya dugaan kejahatan-kejahatan terhadap kepentingan hukum negara ( kejahatan terhadap keamanan negara, martabat presiden dan ketertiban umum), serta pelanggaran undang-undang informasi dan transaksi elektonik (IT) serta tindakan pidana menyiarkan berita pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat yang terjadi pada pra dan pasca pemungutan suara pemilu 2019.

“Sesungguhnya Tim Hukum yang dibentuk oleh KemenkoPolhukam RI ini  didasari oleh niat dan cita-cita luhur sebagai bagian dari langkah maju dan upaya yang serius oleh pemerintah untuk mewujudkan  pelaksanaan pemilu yang aman dan damai bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Dikatakan oleh Nagaria, sebaiknya semua pihak diminta untuk memahami dan menerima niat baik Pemerintah membentuk Tim Asistensi hukum Kemenpolhukam RI bersama jajarannya serta instansi yang terkait demi terselenggaranya pemerintahan yang baik dan demokratis.

“Saya mengajak semua pihak untuk memberi dukungan dan kepercayaan penuh kepada Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya agar tahapan penyelenggaraan pemilu 2019, berjalan dengan baik, akuntabel, transparan dan demokratis,” katanya.

(HUS)***

 

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Headline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Wartawan Terkena Peluru Saat Meliput Aksi Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (VonisTipikor.Com) — Seorang wartawan media online Kabartoday.co.id, Hasan t…