Home Daerah Pemkab Kotabaru MoU Dengan PT Arutmin Indonesia Siapkan Tenaga Ahli Operator Alat Berat

Pemkab Kotabaru MoU Dengan PT Arutmin Indonesia Siapkan Tenaga Ahli Operator Alat Berat

1 Menit Durasi Baca
0
1
137

KALSEL (Vonistipikor.Com) — Seketaris Daerah Kabupaten Kotabaru Said Akhmad As-Segaf menghadiri pembukaan pelatihan operator alat berat kerjasama Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru dengan PT. Arutmin Indonesia (NPLCT) Kotabaru, Selasa 30 Juli 2019.

Acara dihadiri langsung Port Manager PT. Arutmin Indonesia H. Hafis Sijahrul Iwan, sejumlah pejabat SKPD Kotabaru, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kotabaru Wisnu Widiastuti, SH, M.hum, serta 20 orang peserta pelatihan operator, dan tamu undangan lainnya.

Kepada sejumlah awak media, Sekda Kotabaru Said Akhmad As-Segaf mengatakan, pemerintah daerah dalam rangka menyiapkan tenaga terampil bagi warga di Kotabaru, seperti kita ketahui Kotabaru merupakan kawasan industri, baik tambang maupun industri perkebunan. Tentunya dengan adanya kerjasama dengan PT. Arutmin Kotabaru diharapkan kita bisa menciptakan operator-operator alat berat.

“Alhamdulillah MOU dengan PT. Arutmin menjanjikan bagi para peserta yang ikut pelatihan karena seperti kita ketahui sulitnya mendapatkan sertifikat sebagai operator alat berat termasuk lebih besar dari karyawan biasa, karena kerjanya hitung perjam,” kata Said Akhmad.

Said Akhmad juga menyampaikan rasa syukurnya, karena dari  20 orang peserta mendapatkan ilmu keterampilan dan sertifikat untuk jaminan hidup masa depannya. “Inilah yang kita lakukan dalam rangka mengurangi tingkat pengganguran bisa kita redam dengan menyiapkan tenaga kerja yang terampil,” katanya.

Sekda menambahkan, seperti yang diketahui bersama Balai latihan kerja (BLK) tidak memiliki  alat dan juga tidak punya instruktur, maka mampaatkanlah PT. Arutmin yang selama ini sudah banyak berkiprah membantu pemerintah daerah, pelatihan alat berat ini hal trobosan baru dari Dinas tenaga kerja kita bekerjasama dengan (BLK) Samarinda,  yang berhak mengeluarkan sertifikat alat untuk operator, sedangkan Kotabaru tidak ada.

“Melalui MOU dengan PT. Arutmin maka pasilitas alat berat yang ada maka tinggal instruktur yang kita undang kesini dengan lama pelatihan kurang lebih 1 bulan sudah terampil, dan keluar dari sini sudah memiliki sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh kementerian. Kegiatan pelatihan ini berlanjut guna menyiapkan SDM dengan jangka panjang melalui CSR PT. Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru,” pungkasnya.

Sementara itu, Port Manager PT. Arutmin Indonesia H. Hafis Sijahrul Iwan menambahkan, bahwa kita kerjasama dengan BLK Kotabaru adalah untuk mencari instruktur yang cocok dengan operator alat berat. “Jadi alat berat yang kita siapkan untuk para peserta pelatihan diantaranya, grader, buldoser, Ecavator, dan alat-alat berat lainnya,” katanya.  (MUD VT)*

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kapolres Kota Tangerang Kunjungi Toko Posel Korban Perampokan

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengunju…