Home Daerah Panen Raya Padi Gunung Kabupaten Kotabaru

Panen Raya Padi Gunung Kabupaten Kotabaru

2 Menit Durasi Baca
0
2
105

KALSEL (VonisTipikor.Com) — Bulan suci ramadhan penuh berkah, rasa bersyukur kepada Allah SWT dan merasa bahagia puluhan orang Petani Hutan dalam satu kelompok tani Sinar Timur bisa menikmati panen raya padi gunung di Desa Kulipak Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru, Senin 13 Mei 2019.

Kegiatan panen raya perdana merupakan salah satu program Agro forestry dari forum kemitraan Kehutanan antara KPH Pulau Laut Sebuku dengan Kelompok Tani Hutan Sinar Timur Desa Kulipak dengan luas lahan kurang lebih 30 hektar.

Dari pantauan Awak Media VonisTipikor. Com dilokasi panen raya tampak hadir Kepala KPH Pulau Laut Sebuku Ibu Dewi, Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Hortikultura Akhmad Asbili, Danramil Pulau Laut Timur, Kapolsek Pulau Laut Timur, Kepala Desa Kulipak, sejumlah kelompok tani, dan tamu undangan lainnya.

Ketika ditemui Awak media, Kepala KPH Pulau Laut Sebuku Ibu Dewi mengatakan, “perlu disampaikan bahwa di lokasi Desa Kulipak ini, melalui Kelompok Tani Sinar Timur telah diusulkan kemitraan kehutanan seluas 86 hektar, namun kegiatan yang sudah kita akan melalui kph untuk kegiatan agro forestry dengan sumber dana dari APBN adalah seluas 30 hektar,” katanya.

Jadi, menurut Dewi, kombinasi tanaman antara tanaman kehutanan sengon dan kemudian kombinasi selainnya tanaman kehidupannya dalam jangka pendeknya adalah tanaman padi. Harapanya kegiatan ini tidak hanya sesaat karena ada kegiatan keproyekan namun lebih kepada pemberdayaan masyarakat.

“Adanya masyarakat tidak hanya ditumbuhi satu jenis tanaman pokok saja, tapi juga kombinasi dengan tanaman lain yang juga berperan aktif dalam upaya ketahanan pangan, jadi salah satu objeknya adalah melalui penanaman dengan pola agro forestry,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Hortikultura Akhmad Asbili mengatakan, “kami sangatlah mendukung dengan kegiatan ini, sebab ini juga merupakan dari misi dan visi bapak Bupati Kotabaru,” ucapnya.

Kecamatan Pulau Laut Timur sejak tahun 1980 dikenal dengan lumbung padi sampai dengan sekarang, semoga saja kegiatan ini terus berkelanjutan serta menambah usaha tani yang ada di Desa Kulipak,” ungkapnya.

Ketua kelompok tani hutan Sinar Timur Syahransyah mengatakan, “kelompok kami beranggotakan sebanyak 24 orang dengan luasan tanam padi gunung 30 hektar, sedangkan padi gunung yang kami tanam dengan bibit jenis cantik dan buyung,” katanya.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melakukan panen perdana, bisa menambah penghasilan rumah tangga dan juga untuk modal bertahan sampai nanti kita melakukan penanaman kembali,” tambahnya.

(MUD VT).

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kapolres Kota Tangerang Kunjungi Toko Posel Korban Perampokan

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengunju…