Home Daerah Tahun 2020 Pemkab Tangerang Akan Membangun Empat Jembatan Layang

Tahun 2020 Pemkab Tangerang Akan Membangun Empat Jembatan Layang

1 Menit Durasi Baca
0
1
29

BANTEN (Vonis Tipikor.Com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan membangun empat jembatan layang atau flyover dan satu underpass (terowongan) untuk mengatasi kemacetan di sejumlah titik di wilayah itu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Selamet Budi Mulyanto mengatakan, empat flyover atau jembatan layang yang disiapkan untuk dibangun di Bitung, Cikupa, Cisauk, Islamic Karawaci.

“Underpass akan dibangun di pertigaan Bugel Tigaraksa,” ujarnya, Minggu, 14 April 2019.

Menurut Budi, setiap jembatan layang akan dibangun sepanjang 600 meter dengan lebar 12 meter. Anggaran setiap titik flyover Rp 175 miliar.

Budi menjelaskan dari hasil kajian yang dilakukan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air beserta Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, titik yang paling mendesak dan segera dibangun dalam waktu dekat ini adalah Cisauk dan Bitung. Karena menurutnya dua titik ini level kemacetan sudah diambang batas.

Jembatan layang atau flyover Cisauk sepanjang 600 meter dengan luas 12 meter dibangun dari lampu merah Cisauk hingga melewati perlintasan kereta Cisauk. Proyek ini ditargetkan dibangun tahun 2020 dan selesai 2021.

Jembatan layang atau flyover mendesak untuk segera dilakukan dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di Cisauk, Kabupaten Tangerang. “Kemacetannya parah, volume kendaraan sudah diatas ambang batas, fly over bisa mengatasi masalah ini,” kata Budi.

Adapun jembatan layang Bitung akan dibangun sepanjang 600 meter dari lapangan Pertamina, melewati lampu merah hingga pintu tol Bitung.

Sementara flyover Cikupa dibangun dari Pasar Cikupa hingga gerbang Perumahan Citra Raya. Desain kontruksi dan pendanaan, Budi menyebutkan, sama dengan Bitung dan Cisauk. Hanya saja konstruksi jembatan layang Cikupa dan Bitung akan dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat karena merupakan jalan nasional.

Kemudian jembatan layang atau flyover Islamic, kata Budi, akan dibangun di pertigaan antara Islamic Karawaci. “Yang membangun pengembangan Lippo Karawaci,” katanya.

Terakhir underpass Bugel dibangun di lampu merah Bugel, Tigaraksa. Budi menargetkan ke lima proyek ini rampung hingga tahun 2023. (Benni VT)*

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kelengkapan PPDB Tingkat SMP di Tangerang Dapat Menggunakan Keterangan Domisili

BANTEN (VonisTipikor.Com) — Ada yang baru dalam syarat Penerimaan Peserta Didik Baru…