Home Daerah Bupati Kotabaru Hadiri Pencanangan Kampung KB 2018

Bupati Kotabaru Hadiri Pencanangan Kampung KB 2018

4 Menit Durasi Baca
0
1
37

VONISTIPIKOR.COM, Kotabaru-Kalsel —  Bupati Kotabaru Sayid Jafar, SH didampingi Hj. Fatma Idiana Ketua TP PKK Kotabaru beserta Pejabat SKPD Kotabaru, menghadiri acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Tahun 2018 di halaman Pondok Pasantren As’adiyah Ahsanu Amala, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru, pada Rabu 5 Desember 2018.

Acara  dihadiri Camat Pulau Laut Tengah, Kapolsek Pulau Laut Tengah, Kasdim dan Danrami Kodim 1004 Kotabaru, Perwakilan Lanal Kotabaru, Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Laut Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Camat Pulau Laut Tengah Hj. Melinda Ratna Agustina menyampaikan ucapan terimakasih  kepada  Bupati Kotabaru beserta Ibu, dan segenap rombongan yang hadir di desa Salino kecamatan Pulau Laut Tengah, dalam acara pencanangan kampung KB tersebut.

“Hari ini adalah tahun kedua pencanangkan kampung KB, setelah tahun kemarin dicanangkan di Desa Semisir  yang dihadiri lansung oleh kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Melinda.

Menurutnya, Kecamatan Pulau Laut Tengah dengan luas wilayah 337 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 11 ribu, ber ibukota di Salino, insya Allah suatu saat nanti menjadi Kota Masa Depannya Kotabaru.

“Dengan terbangunnya jembatan penghubung Kabupaten Kotabaru – Kabupaten Tanah Bumbu, maka harapan kami semua uang dari seberang akan tersedot ke Pulau Laut Tengah yang menjadikan masyarakat kami sejahtera, namun jika kami tidak berbenah diri tentu yang akan terjadi adalah sebaliknya, dengan mudahnya uang kita menyeberang ke negeri tetangga,” harapnya.

Melinda menguraikan bahwa  potensi unggulan wilayahynya adalah  di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan pertambangan (batubara, emas, pasir).

“Desa dan kecamatan,  bersama para PPL pertanian dan perikanan selalu memfollow up , membina para petani dan nelayan, Alhamdulillahirrobil alamin, KUB nelayan desa Salino dengan nama KUB ‘Rejeki Bersama’ meraih juara 2 lomba KUB tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Melinda menambahkan, komoditas unggulan Desa salino yaitu beras dan khususnya benih padi. Desa salino menjadi pemasok benih dengan cakupan se-Kabupaten Kotabaru. Untuk itu untuk tahun depan, kami berharap pesta panen diadakan di Desa Salino yang tercinta ini, karena tekad para petani Desa Salino mereka  berjanji akan melakukan intensifikasi dalam hal penangkaran benih sebanyak 80 hektare untuk tahun 2019. Desa salino memiliki icon desa durian , yang sudah mulai berkurang karena cuaca dan lain hal. Tetapi kami Kecamatan Pulau Taut tengah beserta salah satu Perusahaan Perkebunan Sawit PT. Multi Sarana Argo Mandiri (MSAM) membuka area agrowisata durian. Hal ini merupakan Harapan kami semua, semoga kita bisa selalu melestarikan lingkungan dan tentunya anak cucu kita masih bisa menikmati buah durian seperti kai nininya saat ini.

Semnetara itu,  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, mengatakan bahwa pada tahun ini Puskesmas Mekarpura yang terletak di Desa Salino akan dilakukan penilaian akreditasi paripurna, dengan segala keterbatasan biaya para petugas di puskesmas mengupayakan agar semuanya terwujud puskesmas kami menjadi puskesmas berderajat paripurna. Untuk tahun 2019 puskesmas mekarpura akan mendapat dana sebesar 2,5 milyar, 2 milyar untuk pembangunan fisik puskesmasnya dan 500 juta untuk rumah dinas puskesmas.

“Ini merupakan berkah yang luar biasa dari Allah swt karena keikhlasan kerja keras petugas puskesmas dan kecekatan Kepala Desa Mekarpura dalam melakukan proses hibah tanah. Sehingga nanti pulau laut tengah memiliki puskesmas paripurna yang bagus dengan fasilitas yang memadai demi kesehatan masyarakat,” katanya.

Plt kepala dinas pemberdayaan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru Joni Anwar mengatakan, “Alhamdulillah hari ini kita sama-sama diberikan kekuatan, diberikan kesehatan lahir dan batin sehingga bisa hadir di tempat ini dalam rangka pencanangan Kampung KB di Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru. Kami melaporkan acara pencanangan Kampung KB ke-13 Tahun 2018.

Kampung KB adalah merupakan salah satu program dalam rangka upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Menurut Joni, pemasalahan sementara kampung KB Desa Salino diantaranya adalah, sumber mata air pengairan pertanian yang belum ada dan belum dikelola, air laut yang masuk keareal pertanian kerena kondisi letak berdekatan dengan laut,  belum ada pabrik pengemasan hasil-hasil perranian, belum ada inovasi-inovasi hasil pertanian dan perkebunan, masih banyak petani yang belum mumouni dalam keterampilan mengelola sawahnya, pemasaran gabah untuk kosumsi dimonopoli oleh unit usaha penggilingan, kelompok tani belum mampu memasarkan hasil panen dalam bentuk beras di skala besar, dari segi sarana dan prasarana beberapa kelompok pertanian perlu pembuatan pintu air saluran, jalan usaha tani, dan sengketa lahan masyarakat dengan perusahaan.

Sambutan terakhir dalam acara ini disampaikan Bupati Kotabaru Sayid Jafar, SH yang menanggapi berbagai informasi yang disampaikan oleh camat Pulau Lau Tengah.  “Terkait persoalan yang dilaporkan oleh Camat dan Kepala Dinas tadi saya berharap agar semua secara bersama-sama bisa secara cepat mengatasinya.” kata Sayid Jafar.

“Setiap masyarakat yang bermasalah diharap segera melaporkan kepada instansi terkait agar semuanya bisa teratasi,” tambahnya.

Acara diwarnai dengan penyerahan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Hand Traktor Rotary, driyer padi, hand sprayer, obat-obatan pertanian, cultivator, klaim asuransi usaha tani padi (AUTP), penyerahan hibah tentang perjanjian pemamfaatan pengguna los pasar dari Kementrian Perdagangan, dan penyerahan bola serta jaring kepada beberapa kelompok tani disetiap Desa, oleh Bupati Kotabaru diiringi oleh Pejabat SKPD Kotabaru.

Selain pencanangan kampung KB, Bupati Kotabaru dan rombongan mengunjungi Puskesmas Mekarpura Desa Salino dan menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darussalam Desa Salino.

Pewarta :(MUD VT).

Edit        : Redaksi

 

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dishub dan Satlantas Tertibkan Kendaraan Angkutan Barang

VONISTIPIKOR.COM,Tangerang-Banten — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang b…