Home Daerah Puskesmas Rajeg Tangerang Sosialisasi Program Indonesia Sehat

Puskesmas Rajeg Tangerang Sosialisasi Program Indonesia Sehat

2 Menit Durasi Baca
0
1
56

VONISTIPIKOR.COM,Tangerang-Banten —  Demi mewujudkan keluarga sehat, di lingkungan kehidupan masyarakat sekitar, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamata Rajeg Kabupaten Tangerang, gencar melakukan sosialisasi  Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) kepada masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Puskesmas Rajeg pada Senin (3/12/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Rajeg diwakili oleh Kasie Pemerintahan Iyus, para Kepala Desa se-wilayah kerja Puskesmas, kader Posyandu, kader PKK,  para Kepala Sekolah serta Koramil dan Kapolsek Kecamatan Rajeg serta tokoh masyarakat.

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Rajeg Pri Helga Ismiati, SKM, MKM, bahwa  pelaksanaan Program Indonesia Sehat   Pendekatan Keluarga (PIS-PK) merupakan  program  pemerintah  untuk mewujudkan keluarga hidup sehat.

Ada tiga pola cara untuk hidup sehat, kata Pri Helga, pertama aktifitas fisik, kedua cek kesehatan, dan ketiga gemar makan buah dan sayur. Selanjutnya melalui pendekatan keluarga ini nantinya tiap-tiap keluarga akan dicek kesehatannya, apakah sudah memenuhi kriteria keluarga hidup sehat atau belum.

Helga menguraikan, ada 12 kriteria indikator keluarga hidup sehat atau tidak, semisal sering periksa kesehatan atau tidak, dalam keluarga ada yang merokok atau tidak kemudian Tim Kesehatan  di tiap Kecamatan akan mengecek tiap keluarga dan kami harap kedepan banyak keluarga yang sehat bahwa sosialisasi PIS-PK merupakan inti dari pembangunan kesehatan. Ini merupakan pengabdian masyarakat bagi kami, karena keluarga merupakan inti pembangunan kesehatan. Dengan Program Indonesia sehat melalui PIS-PK menekankan bahwa pentingnya dalam membangun kesehatan dalam keluarga dengan keluarga yang sehat akan menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas dan sehat dan juga akan mencetak generasi bangsa yang cerdas.

Indonesia sehat berasal dari keluarga yang sehat. Melalui pembagunan lintas sektor, akan menghasilkan bangsa Indonesia yang sehat, hebat dan cerdas.  Kami disini semua, mengajak untuk mensukseskan program pemerintah dalam membangun kesehatan. Program Indonesia sehat harus didukung mulai dari makanan, buah-buahan hingga olah raga teratur, sebab olahraga teratur dapat membuat kita menjadi sehat. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang selalu diberikan kesehatan untuk maksimalkan Program PIS-PK Lewat Pendataan Tingkat RW.  Puskesmas Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang terus mengajak seluruh Instansi terkait, baik Pemerintah Desa,Tokoh Masyarakat, Pengerak PKK, Kader Kesehatan wilayah Kerja Kecamatan Rajeg, agar bisa memaksimalkan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Pasalnya, puskesmas merupakan ujung tombak suksesnya program PIS-PK dengan pendataan warga hingga tingkat RW.

“Pelaksanaan PIS-PK ini dilakukan oleh tenaga kesehatan di puskesmas, nantinya data dikumpulkan untuk mengetahui status kesehatan masyarakat Rajeg. Hingga kini proses pendataan masih dilakukan untuk tahun 2018 baru empat desa (Sukasari, Tanjakan, Tanjakan Mekar, Rancabango) hingga tingkat RW dari hasil pemeriksaan jika ditemui kasus maka langsung dilakukan intervensi lebih lanjut,” Paparnya.

Selanjutnya, kata Pri Helga Ismiati Selaku Kepala Puskesmas Rajeg juga melakukan input data dari hasil pendataan yang dilakukan. Nantinya, petugas  akan melakukan pengelompokan berdasarkan status kesehatannya.

“Nanti akan terlihat status kesehatan masyarakat baik dari tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, pendataan yang dilakukan diharapkan kasus kesehatan di Kecamatan  Rajeg dapat dengan cepat ditangani oleh petugas kesehatan. Dengan begitu, nantinya tingkat kesehatan masyarakat di Kecamatan Rajeg dapat terus meningkat.

Pewarta : Arif Baret VT

Edit        : Redaksi

Muat Berita Terkait Lainnya
Muat Berita Lainnya Dari redaksi1
Muat Berita Lainnya Di Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dishub dan Satlantas Tertibkan Kendaraan Angkutan Barang

VONISTIPIKOR.COM,Tangerang-Banten — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang b…